Kamis, 13 Desember 2012

satu lagi kebijakan pemerintah yang mengubah sistematika pendidikan dengan menganut kurikulum baru yang akan diterapkan pada tahun 2013 yaitu Kurikulum yang berbasis riset. disisi lain kurikulum ini sangat bagus karena siswa dituntut untuk mencari tahu sendiri.. akan tetapi disisi lain kurikulum ini menjadi sebuah bom atom bagi siswa itu sendiri, karena pada kurikulum baru ini hanya lebih ditekankan pada kecerdasan secara intelektual saja, tetapi siswa tersebut miskin perasaan empati, moral dan tidak tangguh dalam menghadapi masalahnya yang lebih luas.
akan tetapi pihak guru tidak dapat berbuat banyak dengan sistem yang akan diterapkan ini, dengan adanya penghapusan jam mengajar mapel IPA, IPS, serta perubahan fungsi dari seorang konselor. padahal sebenarnya perkembangan siswa lebih banyak diketahui oleh guru itu sendiri, bukan dari pihak Kemdikbud.

Kita lihat saja apakah kurikulum baru yang akan diterapkan ini bisa berjalan dengan baik?? ataukah kurikulum ini akan bernasib sama dengan kurikulum sebelumnya??

untuk melihat sitematikanya silahkan cek disini. http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar